Museum Kapal Samudraraksa Borobudur

Bangsa Indonesia memiliki kekayaan yang beranekaragam. Tempat wisata yang bersejarah merupakan salah satu bukti bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Salah satu museum yang menjadi bukti kegagahan Indonesia adalah Museun kapal Samudraraksa. Museum kapal Samudraraksa terletak di Jln. Badrawati, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Museum ini merupakan sebuah museum yang menceritakan zaman kerajaan mataram kuno yang seorang pelaut. Pada zaman mataram kuno pelaut telah mengarungi laut hingga benua afrika. Pada abad ke 16, orang jawa telah lebih dahulu berlayar hingga Tanjung harapan, afrika serta Madagaskar. Inilah bukti bahwa seorang mantan Angkatan Laut Inggris bernama Phillipe Beale yang pada tahun 1982 berkunjung ke Borobudur. 
Relief candi Borobudur yang merupakan relief kapal menjadi daya tarik yang mempesona sehingga menciptakan kapal serupa untuk jalur tempuh pelaut zaman dulu. Teknologi tradisional dibuat untuk menciptakan kapal ini dengan ukuran panjang 18,29 meter, lebar 4,50 meter, dan tinggi 2,25 meter ini berhasil tercipta. Pembuat kapal tersebut adalah As'ad Abdullah. Kapal tersebut terbuat dari  kayu ulin, cadik dari bamboo serta layar dari karung beras dan tali dari serat nanas serta ijuk. Kapal yang benar benar sederhana dan menggunakan teknik tradisional. Kapal ini berlayar hingga keliling dunia.  Pada tahun 23 februari kapal tersebut kembali ke Indonesia dan kini kapal tersebut ditempatkan di Museum Samudraraksa Borobudur. 
Museum ini merupakan museum sebuah upaya mengembangkan kreatifitas dan inovatif dalam rangka mencerdaskan bangsa melalui visualisasi sejarah berupa kemaritiman. Museum ini bisa dijadikan salah satu destinasi wisata anak anak agar mereka mengetahui banyak hal tentang kemaritiman. Ada juga fasilitas berupa cinema interaktif dimana kita bisa merasakan layaknya berada di laut asli. Naka anak pasti akan tertarik. Kalian bisa bermain bersama ikan dan hewan laut secara virtual yang berenang dibawah kaki kalian. Jika diinjak ikan tersebut akan berenang dan lari menjauh seakan seperti nyata. Nah, kalian tertarik mengunjunginya !

0 Response to "Museum Kapal Samudraraksa Borobudur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel