Museum Purbakala Sangiran

Museum merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang memberikan kita banyak pengetahuan ketika kita berkunjung kesana. Museum ini berada di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Museum yang berdekatan dengan situs penggalian fosil purbakala Sangiran ini dinobatkan sebagai Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996. Wilayah sangiran ini memiliki luas wilayah 56 km² yang meliputi wilayah Gemolong, Plupuh, dan Kalijambe yang berada di Sragen serta Gondangrejo di Karanganyar.
Museum Purbakala Sangiran beserta situs arkeologi menjadi salah satu destinasi para pelajar yang ingin belajar juga untuk  destinasi wisata edukasi untuk  area penelitian tentang kehidupan pra sejarah. Museum purbakala ini merupakan museum paling penting serta terlengkap di Asia, tak hanya itu ternyata juga merupakan wisata lengkap yang ada di dunia. Menyimpan informasi lengkap pola kehidupan manusia para zaman pra sejarah. Museum ini memberikan sumbangsih pada perkembangan ilmu Antropologi, Arkeologi, Geologi, dan Paleoanthropologi.
Situs ini letaknya di Kubah sangiran bagian dari kaki Gunung lawu. Disana ditemukan jejak peninggalan purbakala dengan usia 2 juta hingga 200.000 tahun yang lalu. Banyaknya temuan tersebut menjadi benang merah sejarah yang pernah ada di situs sangiran secara lebih detail dan lengkap. Tak hanya foto fosil namun juga makhluk pra sejarah serta alat batu yang berfungsi untuk mempertahankan hidup di alam pada masa itu. Beberapa fosil yang ditemukan yaitu fosil manusia purba, fosil mamalia, fosil binatang air, alat alat batu yang beranekaragam, serta batuan. Kawasan yang cukup luas ini dibangun dalam empat klaster yaitu Museum Sangiran Klaster Ngebung, Museum Sangiran Klaster Dayu, Museum Sangiran Klaster Bukuran, dan Museum Sangiran Klaster Krikilan. Areanya tak begitu jauh antara satu dengan museum lain apalagi ada petunjuk yang akan menuntun arahmu melakukan perjalanan dari satu museum ke museum lainnya. Menarik bukan belajar tentang sejarah masa lalu! Pasti kita akan semakin takjub dengan berbagai hal yang ditemukan di museum purbakala sangiran ini. Jika datang ke sangiran jangan lupa sempatkan ke museum terlengkap di asia ini ya ! Buktikan!

0 Response to "Museum Purbakala Sangiran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel