Tugu Muda Semarang

Tugu Muda Semarang merupakan salah satu monumen yang dibuat untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah meninggal pada pertempuran lima hari di Semarang. Monument yang terletak di jalan nasional rute 20 mengarah ke Solo. Berada di jantung kota Semarang merupakan tempat yang ramai dikunjungi banyak orang terlebih lagi berdekatan dengan bangunan bersejarah seperi lawing sewu, museum mandala Bhakti serta gedung pandanaran yang merupakan kantor pemkot semarang. Tentu monumen ini merekam banyak peristiwa seperti peristiwa lima hari di semarang yang berlangsung mulai 15 Oktober hingga 19 oktober tahun 1945. Pada tanggal 15 Oktober diperingati petempuran lima hari di kawasan Tugu muda ini.  Posisi yang terletak di pertemuan jalan protocol, seperti jalan pemuda, jalan imam bonjol, serta Dr Sutomo, Mgr Soegijapranata serta jalan pandanaran. Tugu dengan tinggi 53 meter ini mengingatkan kita pada sejarah masa lalu dalam melawan memepertahankan kemerdekaan dengan peperaangan yang berdarah darah. Peristiwa tersebut merupakan bukti bahwa para pahlawan dengan gigih berani mempertahankan kemerdekaanya meski sampe titik darah penghabisan. Bangun ini berdiri kokoh sebagai symbol sejarah yang berdiri tegah dan kini masih dapat kita lihat, sebuah saksi sejarah, saksi bisu gugurnya pemuda dan pejuang putra terbaik semarang pada masa itu. Pertempuran yang sengit tersebut tergambar dalam diorama yang berada dalam ukiran bagian bawah tugu Muda. 
Pertempuran 5 hari disemarang dipicu oleh terbunuhnya tokoh bernama Karyadi yang namanya diabadikan menjadi sebuah nama Rumah Sakit. Kematiannya karena diracun oleh tentara jepang. Saat itupun 8 polisi istimewa yang menjaga tendon juga diserang tentara jepang dan disiksa di Markas Ki Do Kutai di Jatingaleh. Para pemuda kemudian bahu membahu bersama BKR melakukan serangan balasan hingga meletusnya pertempuran yang lebih besar. 2000 jiwa dari pihak Indonesia meninggal dalam pertempuran lima hari disemarang dan pihak jepang 400 orang. Pada tahap pembangunan dilaksanakan 28 oktober1945 dan diprakarsai gubernur Jateng Mr Wongsonegoro. Peletakan batu pertama di alun-alun Semarang  disekitar wilayah johar. Namun karena adanya perang melawan sekutu sehingga proyek ini terbengkalai. 
pada akhirnya Tugu muda dipindah ke alun alun sampi hari ini. Pendesain tugu yaitu Salim sedangkan reliefnya digarap seniman Hendro dengan batu batuan yang didatangkan dari kaliurang serta pakem. Pada 1951 peletakan batu pertama oleh Gubernur Jateng Boediono, dan pada tanggal 20 Mei 1953 bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional Tugu Muda diresmikan oleh Presiden Soekarno. Nah menarik dan mengandung nilai sejarah bukan! Cocok untuk kalian kunjungi..... 

0 Response to "Tugu Muda Semarang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel