Hari Pendidikan Nasional 2022 dan Hari Raya Idul Fitri 1443H

Hari Pendidikan Nasional yang selalu diperingati pada 2 Mei setiap tahunnya namun di tahun 2022 ini bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1443H sehingga peringatan Hari Pendidikan Nasional peringatannya dilaksanakan pada 13 Mei mendatang. Penetapan 2 mei sebagai Hardiknas sesuai dengan surat Keputusan Presiden RI No.305 Tahun 1959 tertanggal 28 November 1959. Hari Pendidikan Nasional merupakan sebuah momen untuk menumbuhkan rasa patriot dan nasionalisme bagi insan pendidikan di Indonesia. Hardiknas juga merupakan hari memperingati tokoh pelopor pendidikan di Indonesia yaitu Ki Hadjar Dewantara. Sosok Ki hadjar Dewantara dengan nama asli Raden Mas Soewardi Soeryaningrat dikenal sebagai aktivis serta jurnalis yang pemberani. Melalui tulisannya, Ki hadjar Dewantara menyampaikan kritik terkait pendidikan yang ada di Indonesia yang waktu itu hanya bisa dinikmati oleh katurunan belanda serta orang kaya saja. Kemudian setelah Indonesia merdeka, Ki Hadjar Dewantara diangkat menjadi menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan  Indonesia di kabinet pertama di bawah pemerintahan Ir. Soekarno. Ki Hadjar dewantara juga bergelar doctor kehormatan dari UGM pada 1957. Ki Hadjar Dewantara berjuang agar  hak rakyat Indonesia dapat memperoleh pendidikan yang layak sehingga mendapat julukan Bapak Pendidikan Nasional. 
Maju mundurnya suata bangsa tentu dapat diketahui dari kualitas pendidikannya. Tentu hal yang tak mudah dan waktu yang singkat untuk mewujudkan hal tersebut. Diperlukan perjuangan dan kesabaran untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Untuk menciptakan pendidikan yang  berkualitas tentu tak dapat dipisahkan para tenaga pendidik yang berkulitas pula. Lingkungan belajarpun harus mendukung pembelajaran. Untuk mendapatkan pendidikan yang berkulitas tentu semua elemen pendidikan harus saling bekerjasama mewujudkannya.  
Tema Hari Pendidikan Nasional  dalam setiap tahun tentu berbeda. Pada tahun 2022 ini mengambil tema “'Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”. Tahun 2022 ini menjadi tahun yang istimewa dimana kita merayakan Hari Pendidikan Nasional bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri.  Selamat Hari Pendidikan Nasional & Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H. 

0 Response to "Hari Pendidikan Nasional 2022 dan Hari Raya Idul Fitri 1443H"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel