Museum Uang Purbalingga

Tak jauh dari omplek wisata Reptil dan Insect Park Kutasari, terdapat museum yang sangat menarik untuk kalian kunjungi. Lebih dikenal dengan nama Museum Uang Purbalingga. Sesuai dengan namanya museum ini menyimpan ragam uang mulai pertama kali digunakan hingga tahun 2008. Sebuah ide yang muncul dari Bupati Purbalingga pada periode 2000 hingga 2010, bapak Triyono Budi Sasongko. Tujuan dibangunnya wisata ini adalah untuk melestarikan benda-benda bersejarah, khususnya alat tukar menukar juga sebagai wisata edukasi sarana pendidikan tentang budaya Indonesia dari masa ke masa.
Museum ini tak hanya berisi tentang tempat yang dibuat modern namun juga mengkoleksi aneka mata uang dari seluruh nusantara pada masa kerajaan kerajaan masih Berjaya. Ada sekitar 183 negara koleksi dari mata uang  dimusum ini, sangat lengkap sekali ya. Tempat ini juga bisa kalian jadikan wisata edukasi bagi siswa siswi untuk mempelajari uang secara lebih detail. Museum yang dibagi menjadi 5 bagian ini merupakan sebuah museum yang wajib kalian kunjungi untuk menambah wawasan sejarah bangsa ini. wisatawan dapat menyaksikan mata uang zaman kerajaan dalam kurun waktu 1215 hingga 1899 yaitu mata uang Gobog majapahit . piti sumatera, gobog tiongkok, serta uang perkebunan sungai sabrangan dan masih banyak mata uang lainnya. 
Pada bagian kedua terdapat mata uang zaman VOC kurun waktu 1815-1940 seperti seri JP Coen II serta mata uang logam bertuliskan VOC. Dibagian ketiga terdapat mata uang zaman penjajahan jepang 1942 hingga 1945 serta penjajahan belanda. Masuk ke bagian lima berisi mata uang zaman kemerdekaan hingga zaman sekarang. Mata uang tersebut terbagi menjadi mata uang pemerintahan Sukarno, mata uang pemerintahan presiden Soeharto, mata uang pemerintahan Presiden Sukarno, mata uang Pemerintahan Presiden Andulurahman Wachid, Mata uang pemerintahan Megawati Soekarno putri serta mata uang pemerintaha presiden Susilo bambang Yudhoyono. Nah menarik sekali ya berada di useum ini. kita bisa menikmati enaka macam uang dengan keuinikannya masing masing. 
Selain mata uang ada juga koleksi perangko sejak 1951 hingga sekarang. Alat perkantoran lain juag tersedia termasuk alat komunikasi tempo dulu.  Museum uang ini koleksinya paling lengkap dan semua mata uang terawat dengan baik. Jadi tak heran  jika Museum Uang Purbalingga pernah memperoleh sertifikat MURI.harga tiket museum ini cukup murah hanya Rp 10.000 saja dihari biasa dan Rp 15.000 dihari libur atau weekend. Lokasinya terletak di jalan raya Kutasari-Tobo, kutasar, Purbalingga. Dengan jam operasional 08.00 hingga 17.00 WIB.tertarik berkunjung !

0 Response to "Museum Uang Purbalingga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel