Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022

Mengawali bulan baru, 1 Juni 2022 yang merupakan sebuah momen penting bangsa Indonesia. Hari lahirnya Pancasila  yang diperingati oleh seluruh elemen masyarakat indonesia. Tahun 2021 lalu masih dimasa pandemi covid 19 sehingga peringatan hari lahirnya Pancasila diperingati secara virtual. Di tahun 2022 ini pandemi mulai menjadi endemi sehingga bangsa ini secara perlahan dapat Kembali melakukan aktifitas secara normal. Peringatan hari lahirnya Pancasila tahun ini diiperingati dengan daring dan luring.  Tema peringatan hari lahirnya Pancasila tahun 2022 ini yaitu Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia. Dengan tema tersebut diharapkan indonesia bangkit dari pandemi covid 19 dan mampu membangun peradaban dunia.  
Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila. 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur. Di hari khusus ini, setiap warga masyarakat Indonesia diharapkan memperingati dan menghayati kembali makna di balik Hari Lahir Pancasila. Dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 ini diharapkan seluruh komponen bangsa senantiasa mengingat Pancasila sebagai ideologi.
Dalam sejarah Pancasila, pada setiap 1 Juni presiden Soekarno Pidato untuk  pertama kali mengemukakan konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia. Sebagaimana yang dikutip dari situs Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP, sejarah Pancasila bermula dari kekalahan Jepang pada perang pasifik, yang kemudian berusaha mendapatkan hati masyarakat Indonesia dengan cara menjanjikan kemerdekaan dengan membentuk sebuah Lembaga yang tugasnya untuk mempersiapkan hal tersebut. Lembaga tersebut diberi nama dengan nama Dokuritsu Junbi Cosakai. Itulah sejarah singkat hari lahirnya Pancasila.
Senada dengan tema hari lahirnya Pancasila. Logo peringatan Hari Lahir Pancasila Logo peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 berupa dua telapak tangan yang bersatu memegang globe. Bagian atas permukaan globe terdapat simbol Pancasila lengkap dengan simbol-simbol setiap sila, yaitu banteng, pohon beringin, bintang, rantai, padi dan kapas. Di sisi kiri dan kanan terdapat bendera merah putih yang berkibar. Warna dua telapak tangan pada logo berwarna merah putih. Selamat Hari Lahirnya Pancasila, Mari “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”....

Sumber Logo: https://bpip.go.id/publikasi.php?categoryId=1083&q= 

0 Response to "Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel