Petilasan Sunan Bonang Rembang

Mengunjungi wisata pantai memang hal yang menarik, namun ada pula wisata religi yang tak kalah menariknya lho! Sebut dengan nama Petilasan Sunan Bonang. Tentu kalian sudah mengenal dan tak asing dengan Sunan Bonang. Beliau merupakan wali yang menyebarkan agama Islam.  Kawasan ini sekarang banyak dikunjungi baik masyarakat lokal maupun dari luar Rembang. Cerita yang beredar bahwa petilasan ini awalnya merupakan tempat bersujud Sunan Bonang. Diyakini bahwa terdapat bekas tapak kaki serta dahi dari Sunan Bonang. Masyarakatpun menjadikan tempat ini sebagai salah satu wisata religi yang banyak dikunjungi. Banyak orang berkunjung untuk ziarah ditempat ini. wisata religi ini juga dekat dengan pantai lho, jadi jika kalian berziarah kesini kalian juga bisa menikmati pantai yang dekat dengan petilasan Sunan Bonang. 
Sunan Bonang merupakan sosok yang sangat familiar, adanya petilasan ini  tentu menjadikan salah satu tempat yang bisa dikunjungi untuk mengenang segala jasa beliau di masa lalu. Petilasan ini terletak di Desa Bonang Kecamatan Lasem, Rembang. Terdapat 4 buah batu dengan ukuran yang bermacam macam dan letaknya tak bisa dipindahkan ke tempat lain.
 Batu dengan ukuran yang besar dipercaya masyarakat merupakan cap dahi sunan Bonang yang merupakan gambaran seolah oleh sehabis bersujud seperti ketika melakukan gerakan sholat. Batu yang kedua merupakan batu yang terdapat cap kaki dengan ukuran yang lebih kecil dari batu pertama. Dipercaya bahwa cap kaki ini merupakan kaki sunan boning ketika bertapa serta berdoa kepada allah dengan satu kalinya. 
Batu yang lain yaitu 2 batu kecil yang sampai saat ini belum diketaui apa artinya namun dijelaskan sejak dulu ada 4 batu yang tidak bisa diubah atau digeser satu dengan yang lain. Hal tersebut diutarakan oleh juru kunci sunan bonang. Petilasan yang terletak di atas bukit ini berada tepat di pinggir jalur pantai utara dan berada satu area dengan makam putri campa yang merupakan murid dari sunan Bonang yang berasal dari negeri campa. Untuk sampai ke petilasan ini kita harus melalui 155 tangga. Kita harus mendaki dari bahwa untuk sampai ke area petilsan sunan Bonang ini. Dahulu tempat tersebut merupakan hutan namun sekarang tertata dengan sangat baik dan rapi. Sebuah bangunan kecil dibuat untuk menjaga agar petilsana ini tidak di  salah gunakan. Bangunan ini berkapasitas 5-7 orang sehingga pengunjung harus merangkak saat masuk ke area tersebut. Di dinding tersebut terdapat diselimuti kain berwarna putih. Yuk kunjungi petilsan sunan bonang ini. Menikmati wisata religi yang menentramkan  hati !

0 Response to "Petilasan Sunan Bonang Rembang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel