Benteng Van Der Wijck

Benteng adalah lokasi militer atau bangunan yang didirikan secara khusus, diperkuat dan tertutup. Sebagai tempat pertahanan, benteng selalu berada di ketinggian dan berada di dekat pantai atau laut. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah pemilik benteng dapat melihat musuh yang datang dari kejauhan. Benteng di Indonesia merupakan peninggalan dari bangsa-bangsa barat yang dulunya datang ke Indonesia, salah staunya Benteng Van der Wijck. Dalam buku Pengantar Ilmu Perang (2008) Karya Suryohadiprojo, Benteng Van der Wijck adalah benteng yang terletak di Kota Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Nama Van der Wijck diambil dari nama salah satu Gubernur Jenderal Hindia Belanda Carel Herman Aart Van der Wijck yang bertugas di Jawa pada tahun 1893-1899. Baca juga: Mengapa Candi Borobudur Tidak Masuk Tujuh Keajaiban Dunia? 
Awalnya bernama Forth Cochius Benteng Van der Wijck didirikan pada 1818 oleh Jenderal Van den Bosh dan menjadikan bangunan ini sebagai kantor VOC, kongsi perdagangan milik Belanda. Kemudian, benteng tersebut berubah fungsi menjadi benteng pertahanan saat Belanda berperang melawan pejuang Yogyakarta. Pada awal pembangunannya, benteng ini bernama Forth Cochius. Nama yang diambil dari pemimpin perang Belanda, Frans David Cochius yang pernah bertugas di daerah Bagelen, salah satu wilayah karesidenan Kedu. Komandan Frans David Cochius merupakan pemimpinan prajurit Belanda ketika Perang Diponegoro berlangsung. Perubahan fungsi benteng tersebut berpengaruh pada lingkungan disekitar benteng yaitu mulai tumbuh pemukiman militer di sekitar benteng. Kemudian benteng tersebut berganti nama menjadi Van der Wijck hingga sekarang. Nama tersebut berasal dari nama komandan yang saat itu memiliki karir yang cukup cemerlang untyuk membungkam perlawanan rakyat Aceh.
Dilansdir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Benteng Van der Wijck ini memiliki dua lantai, dengan jumlah kamar lebih dari 32 kamar. Kamar-kamar tersebut sangat luas dan memiliki pintu penghubung serta jendela. Luas benteng atas dan bawah sebesar 3.606 meter persegi. Memiliki 4 pintu masuk utama ke dalam benteng.nah kapan agendakan perjlananmu kesini menikmati keindahan wisata bersejarah ini. 

0 Response to "Benteng Van Der Wijck"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel