HUT ke-77 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (logo dan maknanya)

 

Hai sahabat Rumah Pendidik. Tak terasa ya kita sudah memasuki bulan agustus. Salah satu bulan penting bagi bangsa Indonesia. tahukah kalian bahwa pada bulan agustus menjadi bulan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Merdeka sendiri memiliki arti bebas dari segala bentuk penindasan dan penguasaan bangsa asing. Juga bebas menentukan nasib sendiri, artinya Indonesia merupakan bangsa yang berdaulat, bangsa yang harus memiliki tanggung jawab sendiri dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Dua tahun sudah indonesia menghadapi tantangan serta ujian. kecemasana warga serta tekanan ekonomi yang sangat dirasakan bangsa ini. Ditengah keterpurukan itulah bangsa Indonesia beserta elemen masyarakat bergerak Bersama untuk mewujudkan harapan. 17 Agustus kali ini dilaksanakan dalam suasana yang berbeda setelah 2 tahun adana pandemi covid 19. Republik Indonesia kini sudah berumur 77 tahun. Seperti yang banyak diketahui, tiap tahun, logo dan tema peringatan HUT kemerdekaan RI selalu berbeda-beda. Tahun ini logo HUT kemerdekaan RI menggambarkan angka 77 yang mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas. Sebuah refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam mewujudkan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju. Sementara di dekat angka 77 ada slogan "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih kuat". 

Bentuk angka 77 yang menyerupai dua anak panah ke atas melambangkan gerak bangsa berupa gerak percepatan memperbaiki kondisi bangsa agar pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.  ada dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas memberikan lambing progress dan pembangunan dalam segala sektor kehidupan.  lalu ada juga dibagian atas terpotong yang melambangkan  melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia. Garis Miring dan Sudut Runcing merupakan Semangat Juang dimana Garis miring dan sudut runcing,yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkitl ebih kuat dan tangguh.

Dua Garis Melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju. Sudut penghubung melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negaramaju untuk berkontribusi menyelesaikanberbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.kemudian Siluet Angka 1 melambangkan semangat persatuan BhinnekaTunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat,dan bersatu.

Wah menarik sekali ya ulasan tentang logo serta slogan HUT RI Tahun 2022 ini. Selamat hari kemerdekaan RI yang ke 77.Semoga  Indoneisa semakin jaya.

0 Response to "HUT ke-77 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (logo dan maknanya)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel