Masjid Agung Palembang

Bumi Sriwijaya merupakan panggilan bagi sumtra selatan. Salah satu wilayah di tanah air yang Berjaya si Asia Tenggara bahkan hingga benua Afrika pada abad ke 7. Sumatera Selatan sebagai tempat dimana pusat Kerajaan Sriwijaya berdiri dan menjadi sebuah wilayah maritim yang juga terbesar di Nusantara. Dengan sejarahnya yang cukup panjang ini meninggalkan berbagai tempat wisata di Sumatera Selatan terutama wisata cagar budaya yang terbagi menjadi beberapa wilayah di dalamnya. Ada 17 Kabupaten dan Kota di dalam Provinsi Sumatera Selatan yang dari semuanya memiliki destinasi wisata yang cukup unik dan memiliki pesonanya masing-masing. Mulai dari wisata bahari, wisata alam pegunungan, dan juga tidak ketinggalkan wisata sejarah dan budaya. Provinsi Sumatera Selatan terkenal dengan surganya air terjun dan juga sungai-sungai terindah. Ada begitu banyak air terjun dan sungai yang akan membuat kalian kagum melihatnya. Tentu masing-masing tempat wisata memiliki kisah serta keunikan yang menarik untuk diketahui. Jika kalian  berencana mengunjungi Sumatera Selatan dalam waktu dekat. yuk simak ulasannya  Rumah pendidik berikut !
Masjid Agung Palembang ini merupakan bagian peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam. Dikutip dari situs Kemdikbud.go.id, masjid ini dibangun pada tahun 1738 M (1151 H) dan peresmiannya pada hari Senin 28 Jumadil Awal 115 H atau 26 Mei 1748. Masjid Agung ini didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I, Jayo Wikramo.  Pembangunan tersebut berlangsung sekitar 10 tahun dan berada pada masa Kesultanan Palembang Darussalam dalam pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin I. Awalnya masjid ini bernama Masjid Sultan, dan belum memiliki menara. Bentuk masjid hampir bujursangkar, memiliki ukuran 30 meter x 36 meter. Sedangkan bangunan menara masjid agung yang lama didirikan pada tahun 1753 M. Masjid Sultan dirancang oleh seorang arsitek dari Eropa. Konsep bangunan masjid memadukan keunikan arsitektur Nusantara, Eropa dan Cina. Gaya khas arsitektur Nusantara adalah pola struktur bangunan utama berundak tiga dengan puncaknya berbentuk limas. Pola menara masjid berbentuk segi enam setinggi 20 meter. Rupa menara masjid menyerupai menara kelenteng. Bentuk atap menara melengkung pada bagian ujung, dan beratap genteng. Lalu menara masjid memiliki teras berpagar yang mengelilingi bangunan menara. Kemudian pada tanggal 22 Januari 1970 dimulai pembangunan menara baru yang disponsori oleh Pertamina. Tertarik berkunjung kesini !
Nah Semoga Liburan kalian lebih Berkesan. Demikian tadi Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik dan Populer di Sumatra Selatan  . Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan panduan perjalanan wisatamu. Selamat Travelling !

0 Response to "Masjid Agung Palembang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel