Hari Pahlawan 10 November 2022

Hai sobat rumah pendidik, hari ini menjadi hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Momentum 10 November merupakan sebuah momen penting bagi bangsa ini. Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945 menjadi awal  ditetapkan sebagai Hari Pahlawan melalui Keppres Nomor 316 tahun 1959 pada 16 Desember 1959. Keputusan itu ditetapkan oleh Presiden Soerkarno. Presiden Soekarno memutuskan juga menetapkan hari nasional bukan hari libur. Salah satunya yakni Hari Pahlawan 10 November. Hari Pahlawan merupakan momen untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan  para pahlawan yang telah berjuang dengan seluruh jiwa raga untuk mengusir penjajah. Puncaknya terjadi pada peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945. Banyak pahlawan yang gugur dalam perjuangan  melawan penjajah. Semangat para pahlawan yang harus selalu kita pupuk sebagaai generasi penerus bangsa. 
Hari pahlawan tahun ini mengambil tema pahlawanku teladanku. Sesuai tema Hari Pahlawan 2022, momentum nasional itu diperingati untuk meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. Logo Hari pahlawan memiliki arti masing masing sebagai berikut. 
Kepal Tangan: Tangan mengepal melambangkan semangat juang dan perlawanan pahlawan dalam menolak ketidakadilan dan kedzaliman para penjajah.
Perisai Pancasila: Kepal tangan berbentuk seperti perisai Pancasila menandakan pahlawan sebagai anak bangsa yang rela menumpahkan darahnya
demi mempertahankan kemerdekaan dan tanah air dari penjajah.
Simbol Cinta: Simbol ini dalam budaya pop sering diutarakan untuk menandakan rasa cinta. Sama halnya seperti pahlawan, mereka rela berkorban
karena ada perasaan cinta terhadap bangsa dan tanah air.
Bambu Runcing: Bambu runcing adalah senjata yang digunakan untuk melawan penjajah pada masa kolonialisme. Senjata bambu runcing menjadi saksi para pahlawan bangsa yang pernah berjuang dan melawan para penjajah untuk mendapatkan kemerdekaan negara Indonesia.
Menyambut hari pahlawan ini, Kementerian Sosial mengimbau kantor Kementerian dan Lembaga untuk turut memperingati Hari Pahlawan untuk menyelenggarakan Upacara Hari Pahlawan 2022. Hal tersebut sesuai pada Surat Menteri Sosial Nomor S-86/MS/B/PB.06.00/11/2022. 
Himbauan pemerintah dalam rangka memperingati hari pahlawan yaitu Mengibarkan bendera merah putih Pengibaran bendera merah putih dilakukan tepat pada 10 November 2022 serta  Mengheningkan cipta selama 60 detik. Hening Cipta dilakukan pada pukul 08.15-08.16 waktu setempat di seluruh lokasi di mana WNI berada, menghentikan semua kegiatan, melakukan penghormatan, berdiri tegap dan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Mari kita menjadi pahlawan pahlawan bangsa yang terus membangun negeri ini menjadi lebih baik. Selamaat hari Pahlawan. Pahlawanku Teladanku !! 

0 Response to "Hari Pahlawan 10 November 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel