Nikmatnya Lotek, Pecel dan gado-gado

Sepintas  3 makanan  ini sama ya sobat.  Namun jika kita bahas satu persatu ternyata ketiga makanan ini banyak perdedaan. Dari ketiga makanan ini memiliki cita rasa yang khas dari setiap hidanganya. Sebut saja lotek, pecel sayur dang gado-gado. Ketika makanan ini bahan dasarnya sama hanya saja berbeda dalam penyajian dan pembuatannya. Yuk simak ya !
Lotek merupakan makanan khas dari sunda. makanan ini sangat mudah ditemiu di wilayah jawa barat. makanan yang berupa rebusan aneka sayuran segar seperti bayam, kubis, kacang panjang, dan sayuran lain. Rebusan sayuran tadi di masukan ke dalam bumbu kacang kemudian di campur merata. Tak lupa untuk menambahkan tahu, tempe, atau bakwan yang telah di potong-potong. Lotek biasa di makan bersama dengan lontong atau kupat. Bumbu yang di campurkan dalam sayuran merupakan perpaduan antara kacang, gula jawa, cabai, terasi, bawang putih, dan garam yang di siram air asem. Nah,kalian bisa membayangkan lezatnya.untuk menghaluskan bumbu menggunakan alat tradisional nyaitu dengan cobek dan ulekan.
Pecel sayur merupakan salah satu makanan tradisional yang banyak di sukai semua kalangan.makanan ini sering di sebut salad khas Indonesia.pecel sayur terdiri dari beragam sayuran yang di rebus kemudian di siram dengan saus kacang.pecel ini merupakan mekanan yang terkenal dari jawa timur,jawa tengah,dan yokyakarta .masing masing daerah menyajikan hidangan dengan cita rasa saus kacang yang berbeda beda.sayuran yang biasa ada dalam pecel yaiutu buah kol, kacang panjang, sawi, buncis  dan tauge. 
Makanan satu ini juga mirip dengan dua makanan yang baru saja kita ulas. Namanya gado-gado. Jika kita mendengar gado gado yang terlintas dalam pikiran pasti gado gado dari betawi atau kota Jakarta. Konon katanya gado gado berasal dari kata digado yang dalam betawi artinya langsung dimakan. Makanan ini popular sejak dulu hingga sekarang . tetap popular tidak tergerus oleh zaman yang berkembang. Gado gado  dibuat dengan bahan utama berupa sayuran, bayam, tauge dan kacang tanah. Menu ini dilengkapi dengan kentang dan mentimun juga telur ayam yang direbus kemudian dibelah. Untuk membuatnya kita siapkan saus kacang terlebih dahulu, bahan yang ditumbuk sama dengan bumbu lotek. Gado gado tidak dicampur dengan bumbu pada cobek namun dipisah. Nanti ketika akan makan barulah saus kacang tersebut disiramkan. Tak lupa dibeli ketupat dan juga ditambah dengan gorengan yang diiris kecil-kecil. Nah, ternyata ketiga makanan ini juga tak kalah menarik dengan aneka makanan yang ditawarkan di kuliner kekinian saat ini. Yuk, lestarikan makanan tradisional agar tetap lestari ! 

0 Response to "Nikmatnya Lotek, Pecel dan gado-gado"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel