Aplikasi Ponsel Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Menarik

 

Menurut Donni Juni Priansa, media pembelajaran adalah alat bantu sekaligus partner bagi guru yang dapat mempercepat proses transfer materi pembelajaran sehingga peserta didik terlibat secara langsung dalam materi pembelajaran yang disampaikan.

Media pembelajaran sangat bervariasi dapat digunakan sebagai sumber belajar dan memberikan pengalaman secara langsung kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat memahami secara jelas materi tersebut.

Beberapa kegunaan media pembelajaran yaitu penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih standar, Pembelajaran dapat lebih menarik, Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan penerapan teori belajar, waktu kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan, proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun, Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan dan Peran guru mengalami perubahan kearah yang positif

Media pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan perhatian peserta didik sehingga munculah keinginan atau motivasi untuk aktif dan mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru dewasa ini dituntut untuk mengembangkan dan memilih media yang sesuai dengan keefektifan dan manfaat dari media tersebut. Sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Komunikasi dalam penggunaan media juga merupakan hal yang sangat penting sehingga ketika proses pembelajaran berlangsung siswa dapat memahami secara keseluruhan apa yang disampaikan oleh guru juga memahami pembelajaran melalui media yang telah tersedia.pemilihan media yang sesuai

Media merupakan alat dan bahan dalam kegiatan pembelajaran. Media sebagai pembawa informasi dari sumber yaitu guru kepada peserta didik untuk membantu tercapainya informasi yang diharapkan. Juga memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik.

Dimasa pandemi ini tentu media sangat dibutuhkan sebagai salah satu inovasi yang harus dikembangkan oleh guru. Media yang tepat akan membuat tujuan pembelajaran tercapai sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Media akan menjadi jembatan untuk mentransfer materi kepada peserta didik.

Salah satu media yang bisa dijadikan salah satu solusi dalam pembelajaran pada saat ini adalah media aplikasi. Contoh aplikasi yang dibuat antara lain aplikasi SIMENIT dan Aplikasi SIMEDUT. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakana program SAC atau Smart App Creator. Program ini hapir mirip dengan Powerpoint. SIMEDUT dan SIMENIT merupakan aplikasi yang dibuat sebagai salah satu media agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Aplikasi ini dibuat agar pembelajaran asik, menyenangkan dan bermakna.

 Media ini mengembangkan pembelajaran abad 21 dimana terdapat 4 karakteritik yaitu kreatif, inovatif, berpikir kritis dalam memecahkan masalah , komunikasi dan kolaborasi juga dapat dikembangkan menjadi pembelajaran aktif dengan komponenen MIKIR. Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan refleksi. Media yang dikembangkan tentu memiliki keunggulan masing-masing maka dari itu seorang guru harus menciptakan atau memilih media yang tepat dalam pembelajaran agar apa yang menjadi tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai. Pembelajaran menjadi asik, menyengkan dan bermakna serta berdampak pada hasil belajar yang meningkat.

0 Response to "Aplikasi Ponsel Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Menarik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel