Pembelajaran AKTIF solusi pembelajaran yang asik dan menyenangkan
Untuk
menghasilkan generasi hebat sebagai modal untuk antisipasi revolusi industri
4.0, sangat wajar kalau dunia pendidikan menerapkan pembelajaran abad 21.
Mengapa harus pembelajaran abad 21? Hal ini dikarenakan untuk mengimbangi
munculnya karakteristik siswa saat ini yang cenderung aktif dan kreatif
Pembelajaran
tak pernah luput dari metode. Layaknya masakan tak lengkap jika tanpa penyedap
rasa. Semua guru pasti menginginkan pembelajaran yang
dilakukan menjadi pembelajaran yang asik, menyenangkan dan bermakna. Maka kita
sebagai seorang guru harus memilih dan memilah mana metode yang akan di
laksanakan pada setiap pembelajaran. Kenapa perencanaan itu penting . karena
dengan perencanaan pembelajaran yang matang maka pembelajaran akan lebih
terencana dan tujuan pembelajaran lebih mudah dicapai.
Kita tau akhir akhir ini sering mendengar
kata pembelajaran aktif. Sebenarnya apa sih pembelajaran aktif itu sendiri!
Pembelajaran aktif dapat diartikan sebagai suatu pembelajaran yang dilakukan
dengan aktif dan bersemangat dalam belajar. Pembelajaran aktif merupakan sebuah
usaha agar pembelajaran dapat mengaktifkan siswa dan siswa dapat terlibat langsung dalam
proses pembelajaran tersebut. Pembelajaran aktif diharapkan dapat mengaktifkan
semua indra. Dengan menerapkan pembelajaran aktif dan diharapkan mampu membuat
suasana pembelajaran menyenangkan, siswa menjadi aktif sehingga termotivasi dan
bergairah dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi efektif dan menarik.
Dalam
pembelajaran aktif terdapat beberapa unsur di dalamnya. Unsur tersebut bernama
MIKIR. Metode mikir merupakan metode yang dikembangkan oleh tanoto foundation ,
sebuah lembaga filantropi yang focus pada pengembangan pendidikan. MIKIR,
merupakan akronim dari Mengalami,
Interaksi, Komunikasi dan Refleksi.
Langkah
langkah kegiatan dalam MIKIR adalah
1.
Mengalami
dan melakukan contoh kegiatannya :
melakukan kegiatan (doing), mengamati saat proses pembelajaran berlangsung,
melakukan , pengamatan, percobaan, berwawancara. Dalam tahap
mengalami dan melakukan siswa akan diajak untuk melakukan kegiatan secara
langsung
2.
Interaksi
merupakan sebuah Proses pertukaram ide antara 2 orang atau lebih untuk bertukar
pikiran ata gagasan atau ide.
3.
Komunikasi
bisa dalam bentuk lisan maupun tulisan. Contoh kegiatannya adalah menyampaikan
ide, nenyampaikan hasil kerja, melaporkan hasil percobaan, melaporkan hasil
diskusi kelompok.
4.
Refleksi
merupakan kegiatan mereview apa yang telah dipelajari. Contohnya yaitu Kegiatan melihat kembali pengalaman belajar
dan mengambil pelajaran (lesson learned) agar belajar lebih baik di masa
mendatang
Langkah langkah pembelajaran MIKIR tidak harus urut namun di dalamnya harus terdapat
4 unsur tersebut. Ada waktunya unsur MIKIR itu muncul bersama-sama. Berbagai unsur atau langkah MIKIR merupakan
tahapan yang memerlukan keaktifan siswa untuk melakukannya. Sebagai seorang
guru dalam melakukan unsur MIKIR ini tentu dituntut untuk menciptakan proses
belajar mengajar berlangsung aktif,
kreatif, inovatif, dan menyenangkan serta menggembirakan.
0 Response to "Pembelajaran AKTIF solusi pembelajaran yang asik dan menyenangkan"
Post a Comment