Atap Jawa Tengah Gunung Slamet (3428 Mdpl)

 

Gunung Slamet merupakan salah satu gunung berapi yang terletak di Pulau Jawa. Berada diperbatasan 5 daerah yaitu kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal dan Pemalang, provinsi Jawa Tengah. Gunung yang merupakan gunung tertinggi di jawa tengah dan merupakan gunung tertenggi kedua di pulau jawa ini memiliki ketinggian 3.428 mdpl. 

Gunung yang sangat popular ini tetap menjadi target pendakian meski medan terkenal sangat susah namun tak menyurutkan niat untuk sampai ketujuan. Mereka sangat tertantang dan ingin menaklukkan gunung tertinggi di jawa tengah ini. Dikaki gunung slamet terdapat wisata yang terkenal lho! sebut saja wisata Baturaden yang berada di Kabupaten Banyumas.

Gunung ini terbentuk karena adanya aktivitas vulkanik. terdapat beberapa jalur pendakian untuk sampai ke puncak gunung slamet ini. Jalur pedakian standar meruapakan jalur dari Blambangan desa Kutabawa Karangrejo Purbalingga. Pendakian gunung slamet cukup sulit karena sepanjang rute hampir tak ditemukan air sehingga bagi para pendaki disarankan untuk membawa air yang cukup saat dari bawah. Selain minimnya air, kabut yang berubah ubah juga pekat juga menjadi salah satu faktor  sulitnya mencapai puncak slamet.

Mitos yang beredar dikalangan masyarakat, bahwa gunung slamet merupakan gunung yang paling angker. Entah dari mana cerita tersebut ada namun hingga kini masih berkembang di kalangan masyarakat. Di atas puncak gunung Slamet terdapat kawah dengan nama segara wedi. Nampak keluar asap belerang pertanda gunung ini masih aktif.

Untuk menuju puncak memang membutuhkan perjuangan yang luar biasa, selain tingginya juga banyak tantangan untuk sampai pada puncak. Pendakipun tetap bergerak demi menikmati keindahan yang memang sudah sepantasnya di dapat setelah menumpuh perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan.

Puncak tertinggi gunung slamet disebut sebut dengan nama puncak Surono. Konon nama itu diambil karena ingin mengenang dan menghormati pendaki yang meninggal dunia di puncak slamet tersebut. Untuk menghormatinya juga dibangun tugu penghormatan di puncak ini.

Langit jingga Nampak memancarkan pesonanya juga gunung lain yang terlihat gagah menyapa. Pesona kawah segoro wedi menyemburkan bau beleang, tak lama kemudian matahari pun menyapa dengan sangat gagah. Setelah perjalanan yang begitu melelahkan semua akan terbayar lunas dan puas di puncak slamet ini. Nyatanya, Gunung slamet menawarkan keindahan, sejauh mata memandang puncaknya sangat mempesona dan menawan. Kalian tak tertarik datang kesini !!

0 Response to "Atap Jawa Tengah Gunung Slamet (3428 Mdpl)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel