Gunung Merapi(2930 Mdpl) - Salah Satu Gunung Aktif Di Indonesia

 

Indonesia kaya akan keanekaragamannya. Ada budaya, flora , fauna hingga keindahan alamnya. Salah satukeanekaragaman yang tak habis dibbicarakan adalah keindahan alam. Indoneis adalah negara yang membentang dari sabang hingg Merauke yang keindahan alamya tidak perlu diragukan lagi. Bentang alam nan indah seperti laut, gunung hingga hutan menghiasai wilayah indonesia ini. Para penikmat alam tentu tak bosan mengunjungi bentangan alam nan indah ini. Da yang menyukai pantai , ada pula yang suka berkelana adihutan, ada juga yang hobi naik gunung. Sebagai pecinta alam khusunya gunung, tentu keindahan gunung-gunung selalu menjadi pesona tersendiri dan menjadi pengalaman yang mengesankan serta mengasikkan.

Indonesia terkenal dengan sebutan ring of fire. Mengapa demikian, karena indonesia Indonesia merupakan negara  yang mempunyai gunung berapi yang tersebar diseluruh wilayah indonesia. Salah satu gunung  teraktif di indonesia adalah gunung berapi Merapi. Salah satu gunung yang terkenal di  yang dikenal dengan sebutan ring of fire. Hal ini berarti Indonesia termasuk negara yang memiliki gunung berapi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Siapa yang tak kenal dengan gagahnya gunung Merapi ! gunung yang dalam beberapa tahun lalu mengeluarkan erupsi dasyat yang menelan korban jiwa. Gunung Merapi secara administrasi pada sisi selatan berada di kabupaten sleman, juga berada di wilayah provinsi jawa tengah yaitu kabupaten magelang yang berada disisi barat , kabupaten boyolali di sisi utara dan timur serta kabupaten klaten di sisi tenggara. Salah satu gunung teraktif diindonesia  ini memiliki ketinggian sekitar  2.930 diatas permukaan laut yang dihitung pada tahun 2010 lalu. Keindahan gunung Merapi hingga saat ini selalu  menarik perhatian bagi siapapun. Gunung Merapi selain sebagai tujuan para pendaki juga sebagai obyek wiasata yang tak pernah sepi oleh pengunjung. Namun kalian harus memperhatikan situasi serta persiapan matang terlebih dahulu jika ingin berkunjung ke gunung Merapi karen akeberadaannya sebagai gunung api aktif.

Keindahan gunung Merapi bisa dilihat sebelum kabut turun sekitar pukul 07.00 pagi. Keindahannya tidak bisa dibantahkan terlepas dari adanya misteri juga tragedi yang menyeruak dikalangan masyarakat. Tak heran jika keberadaannya  selalu dijadikan pilihan untuk melepas penat juga memacu adrenalin bagi merak yang suka akan wisata outdoor. Kalian dapat melihat gagahn dan tinggi menjulang gunung Merapi dari empat kota yaitu magelang, klaten, sleman dan juga Boyolali.

Menelisik kebelakang, kejadian erupsi Merapi pada tahun 2010 silam menyebabkan perubahan terjadi disekitar wilayah tersebut. Erupsi tahun 2010 lalu dianggap sebagai kejadian mengerikan dan menyedihkan karena menelan ratusan korban jiwa. Juru kunci gunung Merapi yang Bernama mbah marijan ikut meninggal dalam tragedi erupsi tersebut. Beberapa desa pada radius 4 hingga 6 km musnah karena ganasnya lahar Merapi dan kini tak bisa dihuni lagi. Erupsi Merapi tersebut nyatanya malah membuat tempat disekitar lereng Merapi Nampak semakin indah. Pasca erupsi Merapi 2010 , tempat tersebut malah dijadikan objek wisata. Para pengunjung penasaran dan ingin menyaksikan sisa sisa erupsi Merapi yang masih nampak terpampang di beberapa tempat seperti sepeda motor, tulang hewan dan aneka alat dapur. Kini daerah bekas letusan gunung Merapi dimanfaatkan sebagai tempat wisata volcano trekking.

Para wisatawan banyak yang suka berpetualang dan tergoda untuk mendaki gunung menakhlukkan puncah Merapi. Terlebih lagi karena jaraknya tidak jauh dari kota semakin membuat para wisatawan ingin selalu berkunjung dan datang lagi di Kawasan wisata ini. Tempat penginapan untuk bermalam dan melepas Lelah  untuk wisatawan tersedia dengan pilihan fasilitas seperti homestay dan guest house  yang keberadaannya semakin menjamur disekitar area wisata tersebut. Penginapan tak jauh dan memiliki letak yang strategis yang membuat wisatawan dari luar kota tertarik menghabiskan waktu di kota yang terkenal dengan jadah tempe ini.

Kini gunung Merapi berstatus siaga level III dan terus dipantau perubahan aktivitasnya. Nah , jika kalian ingin berwisata alam sembari menikmati gagahnya gunung Merapi! Datanglah kesini Kawasan wisata gunung Merapi ! buktikan indahnya serta sejuknya dan pacu andrenalin anda menaklukakn puncak Merapi.

0 Response to "Gunung Merapi(2930 Mdpl) - Salah Satu Gunung Aktif Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel