Hari Kebangkitan Nasional 2022

Jum’at  tanggal 20 mei 2022 diperingati sebagai hari kebangkitan Nasional. Peringatan ini dilakukan setiap tahun setiap tanggal 20 mei. Masih di masa pandemi covid 19 yang membuat bangsa ini harus kembali bangkit. Momen  20 mei ini bertepatan dengan kelahiran organisasi Budi Utomo yang lahir pada tahun 1908 silam. Peringatan hari kebangkitan nasional bukanlah hari libur nasional. Peringatan hari kebangkitan nasional pertama kali pada tahun 1948 oleh presiden Soekarno. 
Lalu sebenarnya ada peristiwa apa kebangkitan nasional itu! Mengutip laman Kemdikbud bahwa Soekarno meminta kepada Ki Hajar Dewantara untuk merayakan lahirnya Budi Utomo sebagai hari kebangunan Nasional yang kemudian diperingati sebagai hari kebangkitan Nasional. Penetapan resmi pada 16 desember 1959 oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden (Keppres) nomor 316 tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur. Tokoh tokoh yang berpengaruh dalam Kebangkitan Nasional sudah ditetapkan sebelum penetapan hari 
Jauh sebelum ditetapkannya Hari Kebangkitan Nasional. Pendiri Budi Utomo yaitu dr Wahidin Soedirohusodo mengadakan sebuah pertemuan dan mendapatkan hasil ide "studiefonds". Ide tersebut merupakan ide dimana pendidikan agar tidak mudah diadu oleh penjajah. Kala itu Soetomo dan kawan kawan juga memiliki semangat yang tinggi sehingga  sangat setuju dengan gagasan dr Wahidin. Tokoh dibalik berdirinya Budi Utomo  yaitu Soetomo, Soeradji Tirtonegoro, Gondo Soewarno, dan Goenawan Mangoenkoesoemo. Ada pula Soelaiman, M. Soewarno, Moehammad Saleh, RM. Goembrek, dan Soelaiman.
Organisasi Budi Utomo membangkitkan semangat kebangkitan nasional bangsa ini. Perkumpulan ini mengubah metode perjuangan dari yang tadinya mengandalkan perlawanan fisik, berubah menjadi  diplomasi. Semangat budi utomo sendiri melahirkan organisasi lain baik dibidang politik maupun diplomasi. Organisasi tersebut diantaranya Sarekat Islam, Indische Partij, Muhammadiyah, Perhimpunan Indonesia, dan lainnya.
Tahun 2022 ini merupakan peringatan ke 114 Kebangkitan nasional. Kebangkitan nasional ini bertujuan untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-rotong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan. Masih dimasa pandemi covid 19 mari mempercepat pulihnya bangsa ini dari pandemi Covid- 19. Hari kebangkitan nasional tahun 2022  Mengambil momentum bangkit dari pandemi dengan tema “Ayo Bangkit Bersama". Tema tersebut menjadi sebuah peristiwa bangsa untuk bersama mengobarkan semangat bangkit  dari pandemi Covid-19 yang telah lebih dari 2 tahun ini  menyerang. Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Ayo Bangkit Bersama! 

0 Response to "Hari Kebangkitan Nasional 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel