Keindahan Goa Jaran

Kawasan Telaga Warna Dieng ternyata memiliki sebuah goa yang sangat menawan. Goa ini memiliki fungsi sama dengan goa-goa lain seperti untuk tempat semedi. Goa jaran sebagai symbol kesuburan dengan diperkuat oleh pahatan patung yang semakin membuat tempat ini semakin menarik. Patung dengan wujud wanita membawa bunga yang dibangun tepat berada dimulut goa. Saat kalian datang kalian akan disambut dengan patung tersebut. 
Jaran dalam bahasa jawa artinya kuda sehingga goa ini juga sering disebut dengan kendaliseto. Legenda yang diceritakan bahwa suatu hari hujan turun sangat deras. Sehingga seekor kuda milik resi kendaliseto bingung mencari tempat untuk berteduh sehingga menemukan lubang besar  dan bermalam didalam gua tersebut. keesokan harinya saat keluar dari gua kuda tersebut dalam keadaan bunting alias hamil. Masyarakat setempat percaya dengan legenda yang ada tersebut . pasangan manusia yang sulit mendapatkan anak akan bersemedi dalam goa dengan harapan dapat memiliki anak segera dikabulkan. Namun ada beberapa pantangan  untuk masuk khususnya bagi wanita perawan. 
Pada bulan tertentu, goa ini ramai oleh pengunjung yang datang untuk berziarah baik dari dalam maupun dari luar negeri. Informasi tentang larangan tersebut ada dalam pintu masuk. Bentuk mulut goa sendiri seperti oval dan tidak teratur jadi sepertinya mustahil jika dimasuki seekor jaran atau kuda namun hingga kini belum dikrtaui kebenarannya. Goa ini dari mulut hingga ujung sangatlah sempit. Cerita cerita tersebut hanyalah penghias saja namun dibalik itu semua tempat ini tetap sebagai wisata yang menarik banyak orang. Goa ini juga sangat dekat dengan telaga warna. Goa jaran terletak di di Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Kalian tertarik berkunjung kesini ! kalian bisa melihat maps agar tidak kesasar menemukan goa jaran ini. tentu tempat ini bisa dijadikan salah satu tempat menikmati liburanmu. Dibalik cerita legenda yang ada tempat ini tetap menarik untuk dikunjungi. Kapan agendakan perjalananmu kesini! Alam Sejuk segar nan indah akan membawamu ke goa jaran ini ! 

0 Response to "Keindahan Goa Jaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel