Candi Ngawen, Situs Sejarah di Muntilan Magelang

Candi Ngawen sangat menawan dengan pemandangan sawah di sekitarnya serta terlihat sebuah sejarah yang menarik dan unik. Candi ini sangat memukau siapa saja yang datang ke tempat tersebut. Jika kalian datang ke Magelang, sempatkan berkunjung kesini ya ! Omong-omong soal sejarah, Candi Ngawen pertama diteliti oleh seorang peneliti asal Belanda bernama Van Erp pada tahun 1920. Karena dikelilingi sawah yang lumayan luas, Van Erp harus memulai ekskavasinya dengan mengeringkan lahan sawah candi ini ditemukan. 
Candi Ngawen merupakana candi yang terletak di desa ngawen kecamatan muntilan, kabupaten Magelang. Candi tersebut dibangun oleh kerajaan mataram kuno dari wangsa sailendra abad ke 8. Candi ngawen merupakan candi kecil dengan lima bangunan candi. Kelima candi tersbut memilki ukuran yang berbeda dengan hiasan patung singa di keempat sudutnya. Bentuk patung budha tidak mempunyai kepala dengan posisi duduk diman tampak ratnasambawa berada pada salah satu candi. Relief relief candi masih tampak cukup jelas diantaranya ukiran kinnara, kinnari dan kala makara. Relief ini merupakan makhluk khayangan yang beerwujud setengah manusia setengah burung. Dalam relief ini ukiran Kinara Kinari diapit oleh Kalpataru. Kalpataru merupakan pohon khayangan yang hidup sepanjang masa. Pada dahan-dahan digambarkan berjuntai berbagai macam perhiasan yang indah.
Candi Ngawen dengan latar agama Budha memiliki ciri terdapat stupa dan teras yang berundak dan merupakan simbol-simbol yang dipakai pada Candi Budha. Candi ini didirikan pada tahun 824 M sesuai dengan prasasti karang tengah dimana disebut venuvana artinya hutan bamboo. 
Candi ini pertama kali ditemukan dalam kondidi tertutup pasir diperkiraan akibat letusan gunung merapi setebal 2 meter. Saat ini candi ngawen sering digunakan untuk tempat rekreasi juga acara acara lain. wisata bersejarah ini tentu harus kita lestarikan keberadaanya. Kita bisa mengajak anak anak untuk datang ke tempat ini agar mereka tau ternyata di kabupaten magelang terdapat banyak candi. Nah, Pasti menarik kan mengunjungi situs bersejarah seperti ini ! kita memperoleh ilmu juga mendapatkan pengalaman yang menyenangkan ! Yuk, Buktikan !!

0 Response to "Candi Ngawen, Situs Sejarah di Muntilan Magelang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel