Keindahan Situs Sejarah Ratu Boko Yogyakarta

Dekat dengan candi Prambanan terdapat candi di sebelah selatan yaitu Candi Ratu Boko. Candi yang terletak di sebuah bukit dengan ketinggian kurang lebih 195,97 meter ini berada dikawasan ratu Boko. Sebenarnya tempat ini bukanlah situs candi namun reruntuhan dari sebuah kerajaan. Candi ratu boko mempunyai nama lain Kraton Ratu Boko. Legenda menyebutkan bahwa candi tersebut merupakan Istana ratu Boko. Ratu Boko merupakan ayah dari Roro Jonggrang. Candi ratu Boko dibangun oleh wangsa syailendra pada abad ke 8 dimana merupakan candi Budha. 
Seiring berjalannya waktu candi ini diambil alih oleh raja mataram hindu sehingga bangunan Kraton dipengaruhi oleh Hinduisme dan Buddhisme karena peralihan kepemilikan. 
Dalam Prasasti Bangka yang ditemukan pada 792 masehi yang bernama Prasasti Abhayagiriwihara. Dalam prasasti ini diduga Kraton ratu Boko dibangun oleh Rakai Panangkaran. Prasasti ini ditulis dalam huruf Pranagari yang merupakan ciri dari prasasti budha. Abhayagiriwihara artinya biara yang dibangun pada sebuah bukit yang penuh dengan kedamaian. Tahun 898 hingga 908 pemerintahan  berganti Rakai Walaing Pu Kombayoni. Abhayagiri Wihara berganti nama menjadi Kraton Walaing.Kraton ratu Boko ini terletak di lahan yang sangat luas dan terdiri dari berbagai kelompok bangunan, meski kini bangunan tersebut banyak yang sudah runtuh. 
Nampak disisi barat komplek ini terdapat gerbang pintu masuk. Gerbang yang cukup tinggi sehingga untuk sampai kesini para pengunjung harus berjalan menanjak sekitar 100 meter. Pintu masuk ketempat ini terdapat 2 gerbang. Gerbang luar dan gerbang dalam. Gerbang dalam sebagai gerbang utama lebih besar dari pada gerbang luar. 
 Tak jauh dari gerbang pertama, Nampak diarah timur laut terdapat fondasi berukuran 5 x 5 meter persegi yang dibangun dari batu kapur. Diperkirakan dinding dan atap bangunan asli tidak terbuat dari batu melainkan dari kayu dan sirap. Di sebalah tenggara candi pemBokoran terdapat sumur tua yang konon merupakan sumber air suci.
Dikomplek candi ratu Boko juga terdapat paseban. Paseban adalah tempat untuk mengahadap raja.tangga menuju paseban ada di sisi barat. Tangga naik ke lantai paseban terletak di sisi barat. Selain paseban juga terdapat pendopo yang artinya ruang tamu dengan lantai beratap dibagian depan rumah. Ternyata banyak sekali bangunan di candi ratu boko ini. Keputren merupakan tempat tinggal para putri yang berada di timur pendopo. Dalam keputren terdapat kolam berbentuk persegi dan dan bundar. Salah satu yang menarik dari kompleks ini adalah terdapat gua. Gua lanang dan gua wadon dimana dinding dua terdapat pahatan berbentuk pigura persegi panjang. 
Ternyat menarik sekali ya belajar sejarah. Salah satunya di Kompleks candi ratu Boko ini. Berbagai bangunan terdapat ditempat ini, saying jika kalian melewatkannya begitu saja. Kapan kapan datang kesini ya, kunjungi situs sejarah yang sangat unik ini !


0 Response to "Keindahan Situs Sejarah Ratu Boko Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel