Pantai Parangkusumo Yogyakarta

Pantai Parangkusumo terletak di Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772. Pantai ini dianggap sakral karena disebut sebut tempat ini diyakini sebagai pintu gerbang menuju ke istana laut selatan. Saat berada disana, akan tercium bau segar kembang setaman. Kesakralan akan lebih terasa ketika melihat taburan kembang setaman serta rangkaian sesajen dengan Ratu kidul. 
Kesakralan semakin terasa ketika perlahan  terlihat taburan kembang setaman dan rangkaian sajen di batu cinta yang lokasinya di dalam puri cepuri. Puri Cepuri merupakan tempat panembahan senopati dan  ratu kidul saat rat Kidul membuat perjanjian. 
Pantai Parang kusumo juga sering digunakan oleh peziarah pada bulan sura di dalam kalender tanggal jawa. Pantai Parang Kusumo memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Berikut yang menjadikan pantai ini memiliki daya tarik tak hanya dari keindahan panoramanya saja, namun juga asal – usul Parang Kusumo yang bernuansa mistis yang beredar di masyarakat sekitar: pantai Parang kusumo Nampak luas berada diantara pantai depok dan pantai Parangtritis.  
Menurut cerita yang berkembang di masyarakat. Ketika itu ratu kidul Nampak ke permukaan lautan, menemui senopati dan terpaut sehingga saling cint. Senopati ememrintahkan dan berkeinginan agar dapat memerintah mataram dan memohon kepada ratu kidul. Akhirnya sang ratu sanggup dengan memberikan syarat senopati mau menjadi suami Ratu kidul, perjanjian tersebut membuat Kraton Yogyakarta menjadi pecah. Ternyata cerita tentang pantai parangkusumo sangatlah seru ya !
Selain mitos yang berkembang, nyatanya pantai ini memang menawarkan berjuta keindahan. Menikmati pesona parangkusumo sembari melihat aneka layang layang diterbangkan, bebas dan semakin tinggi membuat kita betah berlama lama disini. menikmati angina sepoi sepoi serta deburan ombak yang syahdu menjadikan tempat ini sangat mengangumkan.
Tak jauh berbeda dengan pantai lain, disini juga tersedia warung warung bagi para pengunjung yang ingin memanjakan perutnya. Harganya juga sama kok, terjangkau seperti 2 pantai yang berdekatan. Nah, kurang apalagi coba!  Masa kamu gak pingin kesini sih ! 

0 Response to "Pantai Parangkusumo Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel