Pesona Wisata Sejarah di Candi Gedong Songo

Salah satu situs bersejarah yang terletak di 
Bandungan Semarang adalah Candi Gedong Songo. Candi Gedong Songo memiliki 9 kompleks candi dalam satu kawasan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Candi yang merupakan peninggalan agama hindu ini sangat indah dipandang mata. 
Pada tahun 1740 seorang warga asal inggris menemukan kawasan Candi Gedong Songo ini. Beliaua adalah Sir Thomas Stamford Raflles, menemukan candi ini dengan jumlah 7 buah.  Pada tahun 1908, diadakan penelitian oleh V.Stein callenfels selama 3 tahun terhadap bangunan Candi Gedong Songo ini dan menemukan 2 candi. Jadi total candi ini ada 9 dalam satu kawasan. Itulah kenapa disebut Candi Gedong Songo. Gedong memiliki arti bangunan dan songo memiliki arti Sembilan. Jadi arti dari Candi Gedong Song Adalah bangunan dengan jumlah Sembilan. 
Candi Gedong Songo terletak di lereng gunung ungaran dengan ketinggian 1200mdpl. Candi Gedong Songo merupakan candi peninggalan kerajaan syailendra pada tahun 927 masehi. Candi ini dibangu pada masa raja mataram kuno dibawah pimpinan putera sanjaya pada abad ke 9. Candi yang dibangun untuk tujuan memuja para dewa ini terdapat beberapa patung siwa mahakala, siwa mahaguru dan siwa ganesha. Kawasan Candi Gedong Songo ini dipercaya masyarakat sekitar masih berhubungan dengan kisah pewayangan antara hanoman dan dasamuka. Sampai hari ini misteri dibalik kemegahan candi ini yang meruapakan salah satu tempat untuk semedi ratu sima. 
Candi Gedong Songo merupakan salah satu destinasi wisata lengkap untuk semua kalangan sebagai agenda liburan. Jangan lupa mengabadikan momen dalam semua spot yang ada disini, kalian tak akan kecewa ketika berada disini. Pemandangan alam yang indah serta dilengkapi dengan aneka macam fasilitas yaitu pemandian air panas, area untuk berkemah dan juga wisata berkuda.  Sekeliling lokasi terdapat hutan pinus yang indah dan rapid an terdapat mata air yang mengandung belerang. Sesekali kabut tipis turun diatas gunung sehingga pandangan mata menjadi semakin pendek. Jika datang kesini, jangan lupa memakai jaket ya, karena suhu udara sangatlah dingin. Disela candi terdapat sebuah kepunden yang merupakan sumber air 
panas yang mengandung belerang yang cukup tinggi. Wisatawan bisa mandi dan menghangatkan tubuh di pemandian yang dibangun tak jauh dari kepunden. Karena keindahan pesona menawan candi gedong songo ini, tempat ini selalu menjadi tempat yang indah untuk berfoto ria seperti untuk prewedding. Nah, pasti kalian ingin sekali datang kesini! Jadi, kapan mau kesini?
 

0 Response to "Pesona Wisata Sejarah di Candi Gedong Songo "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel