Museum Kereta Api Ambarawa

Destinasi menarik kali ini akan mengajak kita untuk mengetahui banyak hal tentang kereta api. Sebut saja dengan museum kereta api ambarawa. Dulunya tempat ini adalah sebuah stasiun kereta api namun beralih fungsinya menjadi museum. Destinasi yang baru ada pertama kali di Indonesia ini merupakan salah satu wisata edukasi, juga mengetahu sejarah kereta api serta berbagai hal tentang perkeretaapian. Berbagai koleksi kereta api mulai zaman dahulu hingga kini, juga mesin pencetak tiket serta lonceng kereta. Ada yang menarik lho, kita bisa naik kereta uap kuno dengan rute perjalanan Ambarawa – Tuntang dan Ambarawa -Bedono. Perjalanan unik ini bisa kalian nikmati di haru sabtu, minggu serta hari nasional dengan tiket Rp 50.000. 
Awalnya merupakan stasiun yang bernama Stasiun Willem I yang dibangun oleh Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij  yang diresmikan pada 21 Mei 1873. Pada tahun 1907, ambarawa menjadi kota militer yang membantu magelang mengontrol daerah pedalaman. Pada 1835 dibangun komplek benteng besar yang rampung pada tahun 1848. 
Pembangunan yang merupakan syarat Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij  guna mendapatkan ijin konsensi pembangunan jalur kereta api pertama Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yogyakarta). Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij  diwajibkan membangun jalur kereta api cabang dengan  lintas Kedungjati-Ambarawa sepanjang 37 km dan digunakan untuk  keperluan militer. Selang dua tahun, bangunan statsiun direnovasi dengan mengganti material yang dahulu kayu menjadi batu bata. Stasiun ini beroperasi dan digunakan sebagai sarana angkut komoditas eksport serta transportasi militer sekitar jawa tengah. Pada 1976 stasiun ini tak lagi aktif dan dijadikan sebagai museum kereta api oleh gubernur jawa tengah kala itu. Hal tersebut dilakukan agar supaya lokomotif lokomotif dapat terselamatkan dan menjadi daya tarik wisata di jawa tengah. Ambarawa yang dikenal sebagai kota historis merupakan magnet kuat karena menjadi tempat perjuangan kemrdekaan seperti pertempuran di ambarawa. Kala itu stasiun ambarawa masih menyimpan teknologi yang bisa untuk dioperasikan. Kini meseum ambarawa menampilkan koleksi kereta api mulai dari zaman hindia belanda hingga sebelum kemerdekaan beserta sarana prasarana serta perlengkapan administrasi. Koleksi sarana perkeretapian seperti 26 Lokomotif Uap, 4 Lokomotif Diesel, 5 Kereta dan 6 Gerbong dari berbagai daerah. Kini destinasi ini juga tak hanya sebagai tempat wisata namun juga menjadi tempat yang dapat di sewa untuk berbagai kegiatan seperti kegiatan Pameran, Ruang Pertemuan, Shooting, Pesta Pernikahan, Festival, Bazar, Workshop, dll. Menarik sekali ya kawan ! wisata edukasi ini patut kalian coba ya! ku tunggu kedatangmu kesini !

0 Response to "Museum Kereta Api Ambarawa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel