Bunker Kaliadem Yogyakarta

Bunker merupakan sebuah bangunan sebagai pertahanan militer dan biasanya dibangun di bawah tanah dengan fungsi sebagai tempat untuk melindungi diri, bersembunyi dan menyelamatkan diri dari segala ancaman seperti musuh bahkan letusan gunung berapi. Bunker merapi ini terletak di Dusun kaliadem dengan jarak 1-2 km sebelah barat desa Kinahrejo. Daerah lereng merapi yang merupakan zona berbahaya terdapat banyak sekali penduduk, bahkan ribuan yang tak bisa dipungkiri harus bersahabat dengan gunung merapi. Ancaman Gunung merapi yang merupakan salah satu gunung paling aktif di dunia ini bisa saja sewaktu waktu meletus sehingga warga sekitar harus selalu waspada. Alas an itulah yang mendasari dibangunnya beberapa Bunker untuk warga yang sulit untuk melarikan diri. Fungsi bunker ini sempat dipertanyakan pada erupsi tahun 2006 selang satu bulan gempa Yogyakarta.
Letusan merapi tahun 2006 ini menelan sedikit korban dibading 4 tahun berselang. Namun 2 yang meninggal dunia justru ketika berlindung di dalam bunker kaliadem. Mereka melndungi diri dari wedhus gembel merapi. Bunker ini dibangun pada 2001 oleh pemerintah kabupaten sleman dan diresmikan setelah 4 tahun dari berdirinya. Kini Bunker tersebut menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Mereka tak hanya sekedar melihat bunker secara dekat namun juga ingin menikmati indahnya merapi dari jarak yang tak jauh. Keberadaan bunker ini kini semakin hari semakin ramai meski sebenarnya tempat ini pernah sepi oleh pengunjung karena mendengar cerita mistis yang berkembang tentang bunker tersebut. 
Para pengunjung yang ingin mengunjungi wisata ini bisa menggunakan roda dua atau juga bisa dengan offroad merapi Lava tour. Selain cerita sejarah yang dikaitkan dengan mistis di bunker ini nyatanya panorama yang indah bisa kita nikmati ketika berada disini. saat berada disini pengunjung bisa berfoto dengan latar megahnya merapi. Berkunjung kesini memberikan kepuasan tersendiri bagi wisatawan. menikmati keindahan alam sembari belajar sejarah tentang erupsi pada tahun tahun sebelumnya menjadi salah satu hal yang menarik. Yakin kamu gak ingin kesini ! 

0 Response to "Bunker Kaliadem Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel