Aneka Olahan Salak Pondoh

Kalian pasti tahu dengan buah satu ini. Buah dengan kulit berwarna coklat, kemudian buahnya sendiri berwarna putih bersih dan memiliki biji berwarna hitam buah ini bisa diolah menjadi aneka rupa makanan lho. Kira kira nama buah ini apa ya?! Buah ini bernama Salak Pondoh. Buah satu ini banyak tumbuh di wilayah Sleman juga Magelang tepatnya dilereng gunung Merapi. Rasa salak pondoh cenderung manis dan tidak sepet seperti salak di pulau Jawa lainnya. Salak pondok dengan nama latin (Salacca zalacca Gaertner Voss ini termasuk dalam family palmae dimana pohon ini berduri dan memiliki tunas yang banyak. Salak pondoh termasuk dalam buah yang hidup di daerah tropis. Salak pondoh ini kini memiliki beberapa varietas seperti salak pondoh merah, salak pondoh super, salak pondoh hitam dan salak pondoh kuning.
Harga salak pondoh sangatlah bervariasi tergantung dari stok salah pondoh itu sendri. Jika dimusim salak maka harga cenderung murrah sedang saat salah pondoh tidak musim harga cenderung naik. Buah inipun bisa dijadikan aneka olahan makanan lho! Di kabupaten magelang tepatnya di desa srumbung pemerintah kabupaten Magelang mengadakan pelatihan untuk mengolah buah salak menjadi anek makanan baru.  
Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan harga jual salak menjadi bernilai jual tinggi dan diharapkan dapat mengangkat perekonomian petani salak. Beberapa produk olahan yang dihasilkan oleh warga dari buah salak yaitu jenang, dawet salak, gudeg salak, gethuk, geplak, bakpia, dodol, asinan, minuman sari salak, sup buah, salak kalengan dan koktail salak. Salah satu olahan salak yang menarik adalaj salak kalengan serta koktail salak. Salak kalengan biasane digunakan untuk hiasan dalam pembuatan makanan lain seperti es krim roti bolu dan aneka roti kering.  Sedangkan Koktail salak pondoh adalah olahan salak pondoh bersama buah-buahan yang lain, dengan pengolahan yang hampir mirip dengan manisan salak pondoh. 
Tentu pengolahan buah salak ini memiliki beberapa tujuan yaitu  agar Menambah nilai jual, tentu dengan mengolah buah salak ini kita akan mendapat harga yang lebih tinggi, berbeda dengan saat kita menjual salak pondoh segar.  Selain itu juga  Menambah kelengkapan gizi karena dengan pengolahan buah salak ini tentu sudah pasti akan menambah nilai gizi dari makanan tersebut. Pengolahan salak pondoh juga merupakan salah satu usaha usaha pengawetan. Salak pondoh yang diolah menjadi manisan, koktail ataupun kalengan, dapat bertahan dalam  waktu yang lebih lama. Karena kita tau bahwa salak pondoh yang baru petik segar hanya akan bertahan selama 6 hari setelah pemetikan. Tentu olahan salak pondoh tersebut dapat  bertahan lama karena sudah disetrilkan terlebih dahulu dan yang terakhir yaitu Menambah minat pada buah (Dengan pengolahan buah salak  menjadi beranekaragam olahan tentu menjadikan minat masyarakat untuk membeli salak juga bertambah. Nah, ternyata salah pondoh bisa dijadikan berbagai macam olahan ya. Kalian bisa mencoba aneka olahannya ya ! Yuk Lestarikan Produk Dalam Negeri !

0 Response to "Aneka Olahan Salak Pondoh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel