Wisata Kasongan

Tempat wisata di Yogyakarta memang tak ada habisnya untuk dibicarakan. Ada salah satu wisata kerajinan yang terletak di Bantul. Namanya wisata Kasongan. Wisata ini terletak di Kapanewon Kasihan, bantul. Desa wisata Kasongan merupakan salah satu destinasi wisata kerajinan yang menawarkan aneka produk kerajinan terutama kerajinan gerabah. Tak hanya produk kerajinan yang ditawarkan namun disana kita juga bisa praktik membuat gerabah secara langsung di rumah para pengrajinnya. Menarik ya, Kasongan bisa dijadikan salah satu destinasi wisata edukasi yang tentu memberi manfaat tak hanya sekedar berwisata. Bagi kalian yang suka dengan kerajinan tangan atau juga benda dari gerabah, tentu tempat ini sangat cocok untuk kalian. Kalianpun bisa memilih aneka kerajinan yang disuka untuk dibeli dibawa pulang sebagai buah tangan. Melihat di kanan dan kiri wilayah ini, kita kan dimanjakan oleh pemandangan beragam produk kerajinan mulai dari guci, pot bunga, lampu hias, patung, souvenir untuk pengantin, miniatur transportasi seperti becak, sepeda, mobil, aneka tas hingga hiasan pajangan. 
Desa kasongan ini memilki sejarah masa lalu . Awalnya kematian seekor kuda di sawah warga yang berada di selatan Yogyakarta. ternyata kuda yang mati tersebur merupakan kuda milik Reserse Belanda. Sehingga pemilik tanah melepas kepemilikan tanah agar tidak dijatuhi hukuman. Banyak sawah tersebut akhirnya diakui oleh warga desa lain sehingga warga daerah tersebut kehilangan pekerjaan dan mulai beralih profesi dalam mencari nafkah. 
Akhirnya mereka mengolah tanah liat yang dibuat menjadi aneka perlengkapan dapur bahkan mainan anak. Waktu demi waktu akhirnya penduduk mulai berinovasi dan mengembangkan produk. Tak hanya perabotan dapur namun juga barang lain sesuai kebutuhan pasar. Inovasi berkembang tak hanya kerajinananya saja namun juga dari materialnya. Warga Desa Kasongan juga mulai memanfaatkan material alami lainnya seperti kayu, rotan, bambu, atau batok kelapa. seiring berjalannya waktu, ilmu serta ide ide mulai bermunculan sehingga  kreatifitas perajin  semakin bervariasi. Kini Desa Wisata Kasongan ini menjadi salah satu wisata Paling Hits di Jogja. Ada yang unik di wisata kasongan ini yaitu gerabah berbentuk patung yang diberi nama Loro Blonyo yang laris dibeli oleh wisatawan. Dipercaya bahwa patung tersebut memberikan keberuntungan jika ditaruh di dalam rumah. Tertarik belajar gerabah ! datanglah ke wisata Kasongan ya ! Aku tunggu.... 

0 Response to "Wisata Kasongan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel