Wisata Kota Lama Semarang

Obyek wisata Kota Lama tak hanya bisa dijumpai di Bandung dan Jawa Barat lho. Di Jawa tengah wisata kota lama ada di kawasan kota Semarang yang pada waktu itu abad 19 menjadi pusat perdagangan serta pemerintahan. Kini pengunjung bisa menikmati Eropa tempo dulu. Ada 50 gedung arsitek Eropa klasik dengan ciri khas dinding tebal dengan ukiran jendela dan pintu yang lebar. 
Seperti apa asal mula sejarah kota lama semarang ini? Yuk kita simak ulasannya. Berawal dari kesepatkatan antara Amangkurat II dan VOC untuk menjadikan Kota Semarang sebagai hadiah kepada pihak VOC. Hadiah atau imbalan tersebut merupakan balas jasa karena Voc telah membantu menumpas pemberontakan Trunojoyo. Lalu Voc membangun sebuah benteng yang diberi nama benteng Vijhoek yang mempunyai fungsi sebagai pangkalan militer serta hunian warga Belanda yang berada di Indonesia. Komplek ini semakin lama meluas dengan gedung serta kantor pemerintahan. Sampai hari ini bangunan bentang yang masih tersisa yaitu De Zuider Por atau Jembatan Berok.
Wisata kota lama Semarang lebih dikenal dengan nama Little Netherland. Wisata ini sangat strategis sehingga mudah untuk dijangkau. Kawasan yang berada di atas tanah seluas 31 hektar ini berada di kawasan Tanjung Emas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Harga tiket masuk wisata ini gratis dan dibuka selama 24 jam. Namun untuk dapat berkeliling kota tua dengan sepeda onthel ataupun dengan skuter kita harus menyewa. Tarif sewa sepeda mulai Rp15.000,00 untuk 60 menit, sedangkan untuk sewa skuter adalah Rp15.000,00 untuk 15 menit. Wisata ini sangat nyaman untuk dikunjungi dengan fasilitas yang lengkap tersedia. Kebersihan tempat ini juga sangat terjaga dengan baik. Ada fasilitas pelengkap lainnya seperti café-café berkonsep unik serta restoran yang menyediakan menu bercita rasa lezat. Ini antara lain Spiegel Bar & Resto, Café Tekodeko, Café Marabunta, Café Nuris, dan Café Retro. Saat malam hari kita bisa menikmati ragam kuliner tempo dulu yang dijajakan dikawasan ini. Nampak dimalam hari juga lampu lampu yang pendar di sisi jalan. Sudut sudutnya dipenuhi dengan spot foto Instagramable seperti bangku taman dengan dekorasi mural, atau kotak telepon London kuno. Yuk nikmati semua keindahan wisata kota lama Semarang dengan mengunjunginya! 

0 Response to "Wisata Kota Lama Semarang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel