Candi Abang

Indonesia kaya akan peninggalan sejarah dengan corak hindu dan budha. Saking banyaknya peninggalan sejarah tentu mambuat kita semakin takjub dengan kekayaan yang beranekaragam tersebut. Warisan budaya tersebut nyatanya tak ditemukan secara mudah. Masih banyak peninggalan sejarah yang tersembunyi, belum digali dan juga belum dipugar. Adapula candi yang masih tertimbun oleh tanah dan hanya diberi plang nama untuk mengetahui keberadaannya. Salah satu candi yang menarik untuk dikunjungi yaitu candi Abang. 
Candi abang merupakan candi bercorak hindu yang ditemukan diatas bukit dan tidak setinggi candi ratu Boko atau candi Ijo. Masyarakat Hindu percaya bahwa bukit atau tempat tinggi merupakan tempat dewa bersemayam dan sering disebut tempat suci yang sakral. Uniknya candi abang ini tak hanya sampai disitu, bukan artinya candi berwarna merah dan dibangun di atas tanah merah. Sebenarnya candi tersebut bukan merupakan candi saat ditemukan namun hanya tersisa reruntuhan bertumpuk seperti bukit kecil. 
Saat musim hujan tiba tanah sisa reruntuhan akan ditutupi rumput dan membuat bukit semakin nyata. Nama candi ini diambil dari material penyusun yaitu batu bata merah yang unik. Kebanyakan candi dengan material seperti itu hanya ada di jawa timur saja. Mitosa yang beredar di candi tersebut bahwa candi abang memiliki penjaga bernama kyai jagak yang membuat kawasan wisata ini tetap aman dari segala ancaman.Kawasan wisata Candi Abang berlokasi di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.  Harga Tiket masuk wisata ini adalah sebesar Rp5.000. Biaya parkir kendaraannya pun terbilang terjangkau. Kendaraan beroda dua hanya dikenai biaya parkir sebesar Rp2.000, sementara kendaraan beroda empat hanya perlu membayar Rp5.000 untuk tarif parkir. Fasilitas yang ada di wilayah ini sangat terbatas dan masih perlu perbaikan serta pemeliharaan. Di wisata candi abang ini kita bisa  mengabadikan momen indah dengan berfoto dengan latar pemandangan alam nan indah. Aku tunggu kedatanganmu kesini ya, menikmati situs candi yang unik lain dari biasanya ! Buktikan !

0 Response to "Candi Abang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel