Ga nyangka daun Kenikir bisa diolah menjadi ini


Siapa yang tak tahu dengan daun kenikir. Salah satu daun yang kaya manfaat. Nama latin daun kenikir adalah Cocmos Caudatus ini ditemukan di asia tenggara. Daun kenikir merupakan makanan yang sehat dengan nutrisi yang terkandung dalam daun. Kenikir dikenal untuk lalapan saat makan, namun siapa sangka jika daun satu ini kaya akan manfaat. Sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit juga bisa digunakan dalam beberapa olahan makanan. Apa saja ya kandungan dalam daun keningkir! Mulai dari karbohidrat, protein, serat, air, serta beberapa jenis vitamin, seperti vitamin B, vitamin C, dan beta karoten dan masih banyak lagi kandungan menu lain. Tak hanya itu ada senyawa aktif juga dengan efek antiradang, antidiabetes dan juga antibakteri. 
Tak hanya kandungan nutrisinya namun kenikir juga bisa dimanfaatkan menjadi aneka makanan, salah satunya adalah Keripik kenikir. Keripik yang dibuat dengan memilih daun muda kenikir yang dicampur dengan tepung. Tak ada beda dengan membuat Keripik bayam hanya soal bahan dasarnya saj. Keripik kenikir mulai di kenal dan kini sudah menjadi makanan yang bisa dinikmati siapa saja. Warung warung kini banyak didapati keripik kenikir. 
Cara membuat keripik ini pun sangatlah mudah. Yuk siapkan bahan bahan yang akan digunakan seperti daun kenikir yang belum terlalu tua, ebi, tepung beras, tepung kani, air, garam, bawang merah, kemiri serta bawang merah. Untuk membuatnya caranya tidaklah sulit kok, ikuti Langkah langkahnya ya! Pertama cucilah keninkir hingga bersih, tiriskan hingga lumayan kering, campurkan aneka bahan kecuali daun kenikir, beri air namun jangan terlalu encer, untuk bumbu haluskan semuanya kemudian campurkan ke adonan tepung tersebut. Cicipi dan sesuaikan dengan selera kalian ya. 
Sekarang setelah semua tercampur, hidupkan kompor lalu panaskan minyak goreng, celupkan kenikir di adona tepung lalu goreng pada wajan yang berisi minyak yang sudah mendidih, biarkan keripik sampe kering , bolak balik dan biarkan matang seluruh permukaan, tiriskan hingga benar benar kering tidak ada minyak yang nemempel, nah keripik siap di hidangkan. Nah mudah bukan membuat keripik kenikir! Silahkan mencoba. . . 

0 Response to "Ga nyangka daun Kenikir bisa diolah menjadi ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel