Tugu Jogja ikonnya Yogyakarta

Siapa yang tak tau dengan tugu jogja. Salah satu icon penting perjuangan melawan penjajah yang diabadikan dalam sebuah tugu yang dinamakan tugu jogja. Rasanya aneh jika kita pernah di yogja namun sama sekali tak mengunjungi tugu jogja. Tugu sangat terkenal bahkan melekat dengan kota Yogja. Tugu jogja sendiri terletak di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro. Tugu ini berusia 3 abad dengan makna yang sangat dalam menyimpan berjuta cerita serta merekam sejarah kota Yogyakarta. 
Tugu dirikan setalah keraton Yogyakarta berdiri dengan selang waktu satu tahaun. Bangunan dibangun dengan menggambarkan semangat persatuan rakyat melawan penjajah. Semangat yang membara disebut golong gilig sangat jelas tergambar pada bangunan tugu dengan bentuk silinder dan puncaknya bulat atau golong sehingga dikenal dengan sebutan Tugu Golong Gilig. 
Awalnya tugu jogja dibangun silinder mengerucut ke atas diman bagian dasarnya diberi pagar melingkar dan bagian puncak berbentuk bulat. Tinggi tugu pada awalnya mencapai 25 meter. Namun pada 10 juni 1867 gempa mengguncang Yogyakarta dan meruntuhkan tugu ini. Runtuhnya tugu menjadikan bangunan ini runtuh dan tak ada cerminan makana persatuan pada bangunan. Tahun 1889 pemerintah belanda merenovasi dengan bentuk persegi disisi dihiasi prasasti dengan menunjukkan siapa yng terlibat dalam renovasi. Puncak dibuat kerucut namun runcing dengan ketinggian lebih rendah yaitu 15 meter. Sejak saat itu disebut dengan De Witt Paal atau Tugu Pal Putih. Perombakan ini merupakan sebuah siasat belanda untuk mengikis persatuan rakyat dengan raja. Namun siasat tersebut tidaklah berhasil karena setelah itu persatuan serta kesatuan tetap terjaga dengan baik. Jika kalian ingin memandang tugu jogja sembari mengenang maknanya, kini disediakan bangku menghadap ke tugu di pojok Jl. Pangeran Mangkubumi. Waktu yang tepat untuk berkunjung kesini pukul  05.00-06.00 pagi saat udara masih segar. Kota Yogyakarta memang identic dengan Tugu Jogja. Nah, kamu harus berkunjung ya! Ku tunggu kedatanganmu!

0 Response to "Tugu Jogja ikonnya Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel